Cara Dan Teknik Memukul Bola Softball Yang Baik

Dalam permainan softball, pemain yang mendapat giliran untuk memukul bola harus dapat memanfaatkan kesempatan untuk memukul bola dengan sebaik-baiknya. Tujuan utama memukul bola adalah untuk memperoleh nilai, menyelamatkan diri sendiri, dan membantu teman pelari lain dari base 1 ke base 2, dari base 2 ke base 3 dan dari base 3 ke home plate. Untuk dapat melakukan pukulan yang baik dengan akurasi yang  tinggi, pemain harus punya beberapa ketrampilan yang berkaitan dengan memukul bola softball. Antara lain ketrampilan memegang Stick/ tongkat pemukul, dan ketrampilan mengayun stick yang baik.

Teknik dasar memegang stick soft ball yaitu:

  1. Peganglah  stick pemukul dengan dua telapak tangan sampai batas tempat pegangan.  Rapatkan jari-jari tangan melingkar ke batas pemukul. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan kekuatan maksimal dalam melakukan pemukulan.
  2. Pegangan harus kuat dan benar sehingga saat mengayun, stick tidak  lepas dari tangan.
  3. Kedua kaki dibuka selebar bahu di lututnya sedikit ditekuk, pandangan diarahkan ke bola yang datang ke arah kita, lalu posisi badan agak miring ke depan dan jangan lupa keseimbangan.
  4. Pegangan stick agak ke belakang dengan siku bengkok dan sejajar dengan bahu yang sedikit diturunkan ke bawah
  5. Pegangan bawah, yaitu stick dipegang dekat bonggol (knob) untuk meningkatkan kekuatan pegangan dan menambah kekuatan pukulan.
  6. Jika menggunakan model pegangan  bawah posisi telapak tangan sekitar 2.5 - 5 cm dari knob 
  7. Jika menggunakan pegangan atas , yaitu stick dipegang dengan posisi tangan bawah diletakkan sekitar 7.5 - 10 cm dari knob untuk mengurangi kekuatan pukulan dan untuk mendapatkan control yang baik.

Teknik dasar mengayun stick softball:

  1. Ayunan (Swing) dilakukan dengan menggerakkan alat pemukul kearah bola. Ada tiga fase dalam gerakan mengayunkan stick, yaitu melangkah, putaran lengan, dan gerak lanjutan.
  2. Pukulan menahan bola (Bunt),  adalah pukulan yang dilakukan tanpa mengayunkan lengan dan bola hanya disentuh perlahan. Tujuannya untuk mengecoh regu penjaga. Dengan pukulan tersebut regu penjaga harus berlari agak jauh untuk dapat menguasai bola.
Memukul bola yang dilempar oleh pitcher, dengan teknik pukulan apa pun adalah suatu hal yang sulit dilakukan oleh karena itu memerlukan ketelitian, koordinasi dan ketepatan serta kekuatan untuk dapat melakukannya.