Latihan Senam Irama Menggunakan Tali atau Pita

Bentuk-bentuk Latihan Senam Irama
a.       Senam Irama menggunakan alat Pita atau Tali
Panjang tali biasanya diukur dengan cara pesenam berdiri diatas tali sambil kedua tangan memegang ujung-ujung tali. Kemudian kedua lengan direntangkan ke kanan dan ke kiri lurus dengan bahu. Tali harus tetap terinjak kaki. Biasanya panjang tali antara 2 sampai 3 meter. 

Gerakan Senam Irama dengan Tali
1.       Sebelu memasuki gerakan inti, pesenam harus melakukan peregangan terlebih dahulu. Peregangan dilakukan sambil memegang tali yang di lipat menjadi panjangnya sekitar 40 cm. Gerakan peregangan adalah sebagai berikut:
a.       Meregangkan ke belakang kepala
b.      Meregang ke samping
c.       Putar badan
d.      Meregang tungkai
e.      Sit up
f.        Duduk dengan tali dikait-kaitkan di kaki
g.       Meregang punggung atas
h.      Meregang pinggang
i.         Dislokasi bahu.
2.       Gerakan inti:
Latihan mengayun tali yaitu:
a.       Tali dilipat dua. Gerakan tali diayunkan melingkar ke samping
b.      Tali diayunkan dengan satu tangan melingkar di atas kepala
c.       Tali diayunkan melingkar ke bawah disertai lompatan
d.      Tali diayunkan dengan ayunan horizontal
e.      Tali diayunkan melingkar badan
Lompat Tali perorangan:
Cara melakukan adalah:
a.       Lompat depan dasar.
Cara melakukan: Berdiri, tali berada di belakang lengan datar samping. Melompat dengan kedua kaki, tali berputar ke depan.
b.      Lompat belakang dasar:
Cara melakukan: Berdiri, tali di depan badan, lengan datar kesamping. Lompat dengan dua kaki ketika tali berputar ke depan.
c.       Langkah hop ke depan.
Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping. Melangkah ke depan dengan kaki kanan sedangkan tali di atas kepala, hop di atas tali. Teruskan hop dengan kaki atau dapat dilakukan dengan kaki terbuka ke depan.
d.      Langkah hop ke belakang
Berdiri, dengan tali di depan badan sementara lengan mendatar. Melangkah ke belakang dengan kaki kanan, saat tali di atas kepala, hop ke atas tali saat dekat lantai.
e.      Hop ke samping
Aberdiri, tali dibelakang badan, lengan mendatar. Bergerak ke sebelah kiri. Ayun tali dan hop dengan kaki kanan menyilang ke kiri, langkah ke samping dengan kaki kiri dan lanjutkan sebaliknya.
f.        Gallop ke samping
Berdiri, tali dibelakang badan, lengan mendatar ke samping. Ambil langkah gallop ke sebelah kiri bersama tali berputar ke depan, lalu berganti arah.
g.       Lengan menyilang
Berdiri, tali dibelakang badan, lengan mendatar ke samping. Mulai dengan lompat dasar ke depan, kemudian silangkan lengan ke siku dan lanjutkan melompat dengan tangan bersilang. Buka tangan dan lakukan lagi lompatan dasar ke depan, lanjutkan gerakan seterusnya seperti di atas.
h.      Langkah lari
Berdiri, tali di belakang badan, lengan datar ke samping. Dengan putaran tali yang cepat lakukan langkah permulaan kanan, kemudian kiri bergantian setengah lariGerakan ini dapat dilakukan di tempat atau dengan berupa langkah rendah yang cepat melintas ruangan.
I.        Lompat Split
Berdiri, tsli di belakang badan, lengsn ke samping. Lakukan lompatan biasa dan pada lompatan ke tiga lakukan split di udara
J.     Ayunan Kaki ke samping
Berdiri dengan kaki kiri, lengan kiri di atas, lengan kanan di bawah. Tangan kiri tetap di atas, ayunan tali ke kanan dan melompat dengan kaki kiri. Langkah hop dengan kaki kanan saat tali diputar ke belakang dan ke kiri. Tendang kaki kiri melalui tali, langkah hop kaki kiri dan angkat tangan kanan ke atas.