Unsur-unsur Senam Irama

Apakah Senam Irama itu?
Senam irama atau juga biasa disebut dengan senam ritmik adalah senam yang diiringi dengan irama music. Atau latihan bebas yang gerakannya dilakukan secara berirama. Senam ritmik bisa dengan menggunakan alat atau tidak menggunakan alat sama sekali. Alat yang biasa digunakan dalam senam Irama adalah Gada, simpai, bola, tongkat, topi, pita, dan sebagainya.

Unsur-unsur Senam Irama
Untuk mendukung mudahnya melakukan senam irama, unsur-unsur yang harus dimiliki oleh seseorang Pesenam irama adalah:

1.       Kelentukan
Gerakan-gerakan dalam senam irama membutuhkan kelentukan tubuh, misalnya pada saat harus melakukan gerakan tangan ke atas, memutar pinggul, atau memutar pergelangan tangan. Semua dapat dilakukan dengan mudah.

2.       Keseimbangan
Keseimbangan tubuh sangat diperlukan dalam senam irama. Hal ini untuk mendukung pada saat melakukan gerakan dengan mengangkat satu kaki, atau pada saat beralih dari gerakan satu kegerakan yang lainnya. Semua itu membutuhkan keseimabangan badan agar dalam melakukan maneuver gerakan tidak sampai jatuh.

3.       Keluwesan
Dalam melakukan senam irama, seseorang harus luwes dalam melakukan gerakan-gerakannya. Untuk itu seorang peserta senam irama dituntut mempunyai keluwesan dalam gerakannya.

4.       Fleksibilitas
Seorang pesenam irama harus mempunyai fleksibilitas. Agar gerakan-gerakan yang dilakukan selalu ccocok dengan tubuh, kelanjutan gerakan itu sendiri dan cocok dengan irama music yang mengiringinya.

5.       Kontinuitas
Seorang pesenam irama harus dapat melakukan gerakan-gerakan secar kontinyu mulai gerakan awal senam irama sampai selesai.

6.       Ketepatan dengan Irama.
Seorang pesenam irama harus dapat melakukan gerakan yang tepat dengan irama yang mengiringinya. Sehingga bagaimanapun gerakan yang harus dilakukan tidak kelihatan atau terasa janggal. Orang lainpun merasa enak melihatnya karena gerakan-gerakan yang dilakukan oleh peserta senam selalu tepat dengan alunan music yang mengiringi.