Formasi 1-3-3-3 Permainan Sepak Bola

Formasi  1-3-3-3 hampir mirip dengn formasi  4-3-3. Perbedaannya terletak pada formasi barisan pertahanan seorang centre back  tidak berdampingan , melainkan berada di belakang centre back  yang lainnya. Pemainyang paling belakang pada prinsipnya tidak menjaga seorang lawanpun, tetapi membantu temannya dalam melindungi pertahanan.

Gambar Formasi 1-3-3-3 adalah sebagai berikut:





















Cara kerja formasi 1-3-3-3


  1.  Formasi 1-3-3-3 pemain belakang tengah berada pada posisi dibelakang ketiga pemain lainnya.  Inii bisa disebut libero.
  2. Pemain libero terkait dengan tugas penjagaan tertentu. Dia merupakan pemain bebas yang tugasnya membantu pertahanan.
  3. Pemain yang berada di depan libero dapat melakukan penjagaan satu lawan satu. Resiko untuk dapat dilewati lawan menjadi lebih kecil karena posisi libero yang di belakangnya.
  4. Dari posisi yang dibelakang seorang libero mempunyai pandangan yang luas terhadap jalannya pertandingan. Dengan demikian tugas libero menjaga dan mengatur seluruh lini pertandingan.  Dengan posisi yang benar seluruh serangan lawan akan tertuju pada libero. Dengan mencari saat yang tepat libero dapat melakukan menmghambat serangan lawan.
  5. Jika fungsi libero dibatasi hanya pada kegiatan pertahanan, maka system 1-3-3-3 berkurang sifat ofensifnya. Oleh karena itu libero tidak harus dianggap sebagai penyapu saja, namun juga harus membantu serangan pada saat yang tepat. Jika hal itu terjadi, maka tempat yang ditinggalkan oleh libero harus diisi oleh pemain belakang yang lain.