Formasi 4-2-4 Permainan Sepak Bola

Formasi  4-2-4 lahir di Inggris dan kemudian berkembang luas.Formasi 4-2-4  mendapat penghormatan dari Negara Brazil , karena tim nasionalnya berhasil menjadi juara dunia dengan menerapkan formasi ini pada tahun  1958.

Formasi 4-2-4 Permainan Sepak Bola














Cara melakukan formasi 4-2-4 adalah sebagai berikut.


  1. Empat pemain belakang  merupakan pertahanan yang kuat . Kedua pemain belakang tengah (centre back) bermain berdampingan satu sama lain secara diagonal. Salah satu centre back  ikut bergerak maju saat tim melakukan serangan . 
  2. Kedua back kiri dan kanan mendapat bantuan penuh dari centre back masing –masing , agar dapat lebih memusatkan perhatian pada penyerang sayap lawan . Dalam system ini,masing-masing back dapat membantu penyerangan , tergantung dari sisi mana penyerangan itu di lakukan .
  3. Kedua pemain lapangan tengah (gelandang) merupakan pemain yang paling sibuk , mereka harus menjelajah lapangan yang luas . Kedua pemain ini bertugas membangun serangan dan harus ikut bertahan bila timnya mendapat serangan .
  4. Ke empat pemain penyerang mempunyai tugas utama menyerang. Kedua pemain sayap ikut dalam usaha membangun serangan yang dimulai dari garis tengah lapangan. Kedua pemain sayap harus menyadari posisi mereka, yakni dengan berlari menuju garis gawang lawan.
  5. Kedua pemain penyerang tengah adalah dua ujung tombak penyerang yang merupakan bahaya permanen bagi gawang lawan.  Untuk mengacaukan pertahanan lawan, kedua penyerang tengah harus sering bertukar posisi dan mencoba untuk menyelesaikan operan yang diberikan oleh pemain lain, terutama pemain sayap, menjadi gol. Diamping itu, tugas lainnya adalah untuk membuka celah bagi pemain lainnya yang dating menyerang dari lapangan tengah.