Teknik Dasar Melempar Dan Menangkap Bola Basket

Ketrampilan melempar dan menangkap bola dalam permainan bola basket sudah menjadi syarat mutlak yang harus dikuasai oleh pemain bola basket. Karena kedua kemampuan itu menjadi dasar untuk permainan bola basket. Namun tidak asal menangkap dan melempar bola saja, untuk menjadi mahir menangkap dan melempar bola basket diperlukan teknik-teknik tertentu agar cara menangkap dan melempar dapat hasil yang akurat.  Berikut ini penjelasan bagaimana teknik dasar melempar dan menangkap bola basket:

a. Teknik Dasar Melempar Bola Basket

Pengertian melempar adalah mengoper bola basket kepadateman seregu ketika berlangsungnya pertandingan bola basket.

1. Cara memegang bola

Belajar mengoper bola baket diawali dengan bagaimana memegang bola basket. Cara memegang bola basket adalah sebagai berikut:

- Bola dipegang dengan kedua tangan, dimana jari-jari tangan direnggangkan
- Letakkan kedua ibu jari hamper berdekatan berjarak lebih kurang satu telapak tangan

2. Melempar dengan kedua tangan searah dada

Lemparan searah dada diebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan

  • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menhadap sasaran.
  • Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  • Konsentrasikan diri pada latihan

Gerakan mengoper bola baket

Lemparan diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku. Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan , kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir

Gerak lanjut dari lemparan adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.

3) Lemparan Dua Tangan Dari Atas Kepala

Lemparan dua tanga dari atas kepala sering disebut dengan over head pass. Tujuannya adala menghindari jangkauan tangan lawan. Cara melakukan lemparan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut:

Sikap Permulaan

Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan
.
Gerakan
Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.

Sikap Aklhir

Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya

4. Lemparan Pantulan

Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah bound pass. Tujuannya untuk menghindari hadanga dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan. Cara melakukan lemparan pantulan adalah sebagai berikut:

Sikap Permulaan

Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan  memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.

Gerakan

Lemparan diawali dengan menarik bola, bola didorong dengan kedua tangan kedepan bawah mengarah ke sasaran pantulan. Untuk membantu lemparan dibantu lecutan pergelangan tangan, pantulan bola harus dapat diterima kira-kira setinggi lutut atau pinggang.

Sikap Akhir

Sikap akhir dari lemparan adalah gerakan lanjutan dari tangan pelempar dan diikuti gerakan tubuh yang lainnya.

Kesalahan yang sering terjadi

- kedua siku ditekuk tidak diluruskan
- Tidak ada lecutan pergelangan tangan
- Pengambilan bola awalan terlalu di belakang

5. Lemparan Samping

Lemparan kesamping sering disebut juga dengan istilah side pass. Tujuan side pass adalah mengoper jarak jauh dan pada umumnya lemparan samping dilakukan dengan satu tangan.
Cara melakukan lemparan samping adalah sebagai berikut:

Sikap Permulaan

Berdiri dengan salah satu kaki  berada didepan kaki yng lainnya. Bola dipegang dengan satu tangan berada di samping belkang. Pandangan tertuju pada sasaran lemparan.

Gerakan

Lemparan dimulai dengan awalan menarik tangan ke belakang. Tangan lainnya menjaga posisi keseimbangan. Ayunkan tangan , lempar lurus ke depan diakhiri lecutan pergelangan tangan dimana arah lemparan setinggi dada penerima bola.

Sikap Akhir

Sikap akhir dari lemparan adalah gerakan lanjutan dari tangan pelempar dan diikuti gerakan tubuh yang lainnya.

 Kesalah yang sering terjadi

- Ayunan lengan tidak sejajar sehingga bola menukik atau ke atas
- Tidak ada lecutan pergelangan tangan.

6. Lemparan Bawah Dua Tangan

Geraka lemparan ini dapat dilakukan dengan cara:

Sikap Awal

Berdiri dengan salah satu kaki di depan, kaki yang lain di belakang kedua lutut ditekuk, kedua tangan memegang bola, dan pandangan tertuju pada arah lemparan.

Gerakan

Lemparan diawali dengan menarik bola kesamping pinggang, lemparan dilakukan dengan kedua tangan  diakhiri dengan lecutan pergelangan  tangan dan lepasnya bola kira-kira setinggi pinggang.

7. Tangkapan Bola

Menangkap bola bisa dilakukan dengan dua atau satu tangan. Tanggkapan bola menggunakan dua tangan adalah sebagai berikut:

a. Berdiri menghadap sasaran
b. Kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut ditekuk
c. Badan sedikit condong ke depan, kedua tangan siap di depan dada
d. Tangan diluruskan  ke depan menjangkau bola dengan telapak terbuka, ibu jari berdekatan. Setelah bola tertangkap segera ditarik ke belkang mendekati dada.