Pengertian Formasi Permainan Sepak Bola

Formasi dalam permainan sepak bola adalah cara penempatan ruang gerak, serta pembagian tugas dari setiap pemain dengan posisi yang ditempatinya. Hal tersebut berlaku pada saat penyerangan maupun pada saat bertahan dari serangan musuh. Dengan sistem ini, setiap pemain mengetahui tugas dan posisinya, daerah ruang gerak masing-masing, memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang, kemana harus bergerak, dan siapa yang harus di jaga pada saat berada dalam kondisi bertahan.

Untuk menjalin kerja sama yang baik diperlukan pengertian antara satu pemain dengan pemain yang lainnya. Pengertian dan kerja sama ini harus disesuaikan tugas dan fungsi dari setiap pemain di lapangan. Pengaturan tugas dan fungsi setiap pemain pada umumnya terdapat dalam sistem permainan. Oleh karena ityu baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih, harus memahami sistem-sistem utama yang dipakai dalam permainan sepak bola.

Pengertian Formasi Permainan Sepak Bola


Dengan adanya formasi maka pola penyerangan dan pertahanan akan terkoordinasi dan kerja sama antar pemain akan lebih terarah. Setiap formasi mempunyai ciri-ciri tersendiri dan menuntut kualitas atau kemampuan tingkat pemain yang berbeda. Bahkan dalam posisi tertentu memerlukan kualitas pemain yang tidak sama. Sebagai contoh, pemain lapangan tengah atau disebut juga gelandang dalam formasi 4-2-4 harus pemain yang mempunyai kemampuan lebih lengkap dibandingkan dengan pemain tengah dalam formasi 4-3-3.

Diusahakan suatu tim sebelum menggunakan atau menerapkan suatu sistem tertentu, harus terlebih dahulu menkaji pemain yang dimiliki. Kualitas pemain harus disesuaikan dengan formasi yang akan digunakan. Beberapa contoh formasi permainan sepak bola yang sering digunakan adalah formasi 4-2-4, 4-3-3, 1-3-3-3, dan 4-4-2.