Strategi Dan Taktik Bendungan (Blocking ) Permainan Bola Voly

Sebuah Team bola voly dapat digolongkan sebagai Team bola voly yang mempunyai defensive yang baik jika mampu bertahan dan mengimbangi smash dari pihak lawan. Pertahanan mencakup dua aspek yaitu; menerima smash lawan yang biasanya dilakukan dari daerah lapangan bagian belakang dan kemampuan melakukan blocking.

Disamping itu syarat mutlak yang harus dikuasai oleh sebuah team bola voly agar dapat melakukan pertahanan dengan sebaik-baiknya adalah kemampuan passing yang bagus.  Karena kematangan passing adalah penentu bagi setiap pemain atau tim bola voly untuk dapat mengambil bola yang berasal dari lawan dalam posisi apapun.

Blocking dan system pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voly adalah sebagai berikut:

1. Bendungan (blocking) dengan satu pemain

Pada block yang dilakukan oleh satu pemain, pemain yang menduduki posisi 6 harus melindungi posisi yang paling lemah yang terdapat pada bagian depan lapangan.

Posisi masing-masing pemain dalam blocking satu pemain dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:

Strategi Dan Taktik Bendungan (Blocking ) Permainan Bola Voly











2. Bendungan (blocking) dua pemain

Block dua pemain dibentuk pada posisi 4 dan 2 dalam permainan normal. Situasi blocking seperti ini memberikan kemungkinan lebih banyak untuk memberikan pertahanan, jika dibandingkan dengan blocking satu orang.  Blocking dua pemain dapat dilakukan oleh pemain pada posisi 3 dan 2, 4 dan 3, 2, dan 3.

Untuk lebih jelas posisi masing-masing pemain pada saat melakukan blocking 2 pemain adalah seperti pada gambar di bawah ini.

Strategi Dan Taktik Bendungan (Blocking ) Permainan Bola Voly










3. Bendungan (blocking ) tiga pemain

Blocking seperti ini biasanya ditempatkan pada posisi tiga dan pada situasi-situasi tertentu. Blocking semacam ini hanya digunakan  pada saat bila ada penyerang yang sangat tangguh.  Pada blocking tiga pemain pemain yang menempati posisi 6 bermain dalam situasi yang sangat sulit, karena arah pandangannya terhalang oleh blocking yang dilakukan oleh regunya sendiri. Akibatnya dia kurang dapat mengantisipasi gerak-gerik lawan. Semua harus dilakukan tanpa diketahui oleh pihak penyerang.

Posisi para pemain pada saat melakukan blocking 3 pemain adalah seperti pada gambar di bawah ini:

Strategi Dan Taktik Bendungan (Blocking ) Permainan Bola Voly