Tugas Wasit II dan Penjaga Garis Permainan Bola Voly

Dalam permainan bola voly. Wasit II adalah pembantu wasit I dan dia dapat menggantikan wasit I jika terjadi halangan sehingga wasit I tidak dapat melanjutkan memimpin pertandingan.  Beberapa tugas wasit II antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengawasi posisi pemain selama permainan berlangsung. Begitupun pada waktu perpindahan tempat karena satu set game telah selesai
2. Mengawasi pemain cadangan yang duduk di tempat duduk cadangan. Mungkin ada pemain cadangan yang salah sikap atau diluar peraturan yang berlaku harus dilaporkan kepada wasit I.
3. Selama pertandingan berlangsung, harus mencegah kemungkinan adanya pemain cadangan yang melakukan pemanasan di luar area pertandingan.
4. Mengawasi jumlah time out dan pergantian pemain yang telah dilakukan oleh masing-masing regu, dan melaporkan data tersebut kepada wasit I.
5. Menolak pengajuan penghentian yang tidak layak, mengabulkan permohonan yang sah serta mengawasi jangka waktu pelaksanaan.
6. Dapat menunjukkan kesalahan lain tanpa meniup peluit walau bukan daerah tanggungannya, tetapi tidak boleh menekan wasit I.
7. Menetapkan diperlukan atau tidak mengeringkan permukaan lantai yang dianggap basah atau licin.

Tugas Hakim Garis Permainan Bola Voly

Dalam pertandingan bola voly tingkat internasional diwajibkan menggunakan 4 hakim garis. Jika pertandingan dibawah tingkat internasional diperbolehkan menggunakan 2 hakim garis. Hakim garis bertugas mengawasi bola masuk atau bola keluar. Hakim garis juga bertanggung jawab memberikan isyarat tentang pelanggaran yang terjadi dalam pertandingan bola voly.

Posisi hakim garis selama pertandingan bola voly berlangsung adalah sebagai berikut:

1. Jika menggunkan 4 hakim garis, mereka berdiri di daerah bebas pada jarak sekitar  1-3 meter di tiap sudut lapangan. Pandangan menghadap garis imajiner yang harus diawasi.
2. Jika menggunakan 2 hakim garis, mereka harus berdiri di sudut yang beseberangan atau diagonal pada sudut bebas agar dapat mengawasi garis belakang dan garis samping yang terdekat dengannya.

Adapun posisi wasit dan semua petugas pembantu wasit dalam pertandingan bola voly dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:

Tugas Wasit II dan Penjaga Garis Permainan Bola Voly

















Dalam memberikan penjelasan kepada pemain, wasit dan para pembantunya menggunakan isyarat. Macam-macam isyarat tangan yang dipergunakan wasit dan pembantunya dalam memimpin pertandingan bola voly dapat anda lihat pada gambar di bawah ini:


Tugas Wasit II dan Penjaga Garis Permainan Bola Voly














Tugas Wasit II dan Penjaga Garis Permainan Bola Voly















Tugas Wasit II dan Penjaga Garis Permainan Bola Voly