Ukuran Matras Senam Lantai

Tentang ukuran matras senam lantai umumnya yang sering dipakai adalah lebar 1,20 meter, panjang 2 meter. Namun tidak ada peraturan pasti tentang ukuran matras senam lantai. Anda bisa menggunakan seperti ukuran di atas atau membuat ukuran yang lain misalnya 1,20 meter kali 2 meter atau 3 meter agar dapat dipakai berguling dua atau tiga kali sekaligus.

Ketebalan matras yang sering dipakai umumnya antara 10 - 15 cm. Jika matras terlalu tebal maka akan menghambat laju guling depan atau guling belakang. Sebaliknya jika matras terlalu tipis dapat menyebabkan terasa sakit jika dipakai untuk berguling. Apalagi bagi yang masih pertama kali belajar guling depan senam lantai, banyak peserta latihan yang tidak berani melakukan guling depan jika matras terlalu tipis karena khawatir punggung mereka akan terasa sakit.

Ukuran matras senam lantai pada umumnya sebagai berikut:

  1. Lebar matras 1,20 meter
  2. Panjang matras 2 meter
  3. Tebal matras 10 - 15 cm
Matras Senam Lantai


Matras Senam Lantai

Matras untuk senam ini dipergunakan sebagai alas agar tubuh tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Sebab tentunya jika tubuh langsung bersentuhan dengan lantai saat melakukan latihan senam lantai, akan memicu resiko cedera dan sakit pada tubuh. Selain itu, matras juga berfungsi untuk mengamankan wilayah latihan. Karenanya dalam pelatihan senam lantai, dibutuhkan matras yang sengaja dilebihkan dari matras yang digunakan untuk latihan.

Bahan matras sebaiknya terbuat dari busa karet/ spon. Busa kemudian dibungkus dengan kain, perlak, atau kulit. Tujuannya agar busa tidak cepat kotor. Busa juga sebaiknya menggunakan busa yang bagus. karena busa yang bagus akan lebih awet dan tidak cepat lembek sehingga terjaga kekenyalannya.