Tugas-Tugas Tosser Permainan Bola Voly

Tosser atau set-upper (pengumpan) adalah pemain bola voly yang bertugas:
  1. Memberi umpan kepada rekan-rekannya dalam satu tim. 
  2. Melakukan blocking
  3. Mendorong bola ke lapangan lawan yang kosong untuk mencari poin
  4. Memukul bola tanggung dari lawan
  5. Pengatur serangan
Dalam menjalankan tugas-tugasnya, tosser memberi umpan kepada rekan-rekannya satu tim dengan berbagai variasi umpan untuk smasher sehingga smasher  bisa melakukan serangan yang menyulitkan atau bahkan mematikan pihak lawan. Kualiatas umpan serta kecerdikan dari seorang tosser dalam memberikan variasi-variasi umpan mempunyai peran yang sangat besar untuk kemenangan timnya. Selain sebagai pengatur serangan, seorang tosser juga harus mengusai teknik smash dan blocking. 


Seorang tosser juga harus pandai membaca permainan lawan. Mengetahui kelebihan dan kelemahan lawan, mengetahui apa yang harus dilakukan oleh timnya, dan lain sebagainya. Dalam memberikan umpan-umpan variasi, seorang tosser dapat membuat kode-kode umpan kepada smesher. Kode-kode umpan itu harus dimengerti oleh teman-temannya sehingga tidak sampai terjadi salah faham. Biasanya kode-kode itu bersifat rahasia yang tidak dimengerti oleh lawan tanding.

Seorang toser harus memiliki keterampilan passing atas dan passing bawah yang bagus sehingga bola-bola yang diumpankan kepada smasher dapat dipukul dengan baik. Tosser dapat melakukan umpan bola ke depan atau ke belakang badannya serta menurut arah bola dengan net terdiri dari sejajar, vertikal, atau diagonal. Posisi tosser selalu di depan, namun juga bisa tukar posisi apabila bola servis telah menyeberangi net. Pada saat-saat tertentu tosser berfungsi sebagai penahan serangan lawan (blocking), dan di saat lain bisa sebagai pemukul bola tanggung dari lawan. Seorang tosser juga harus memiliki keterampilan membendung dan keterampilan memukul (smash). Dia juga harus pandai mencari peluang, Pandai mencari ruang kosong. Apabila lawan lengah, bola dapat langsung didorong ke lapangan lawan yang kosong untuk mendapatkan poin.

Itulah tugas-tugas tosser dalam permainan bola voly. Tosser yang mumpuni sangat membantu kemenangan  suatu tim bola voly.