Latihan Kekuatan Otot Punggung

Punggung adalah bagian belakang tubuh (manusia atau hewan) dari leher sampai ke tulang ekor. Dalam otot punggung terdapat tulang belakang. Tulang belakang ada tiga bagian, dari atas ke bawah, adalah serviks (leher), dada (perut), dan lumbar (punggung bawah). Sepanjang tulang belakang, cakram intervertebralis terbuat dari bahan bantalan baik pad dan menghubungkan tulang belakang.

Otot penting dari tulang belakang meliputi:

  1. Multifidus: otot panjang ini perjalanan hampir seluruh panjang belakang. Ini menstabilkan dan memutar tulang belakang lumbar.
  2. Longissimus: otot panjang lainnya, yang satu ini dimulai di tengah-tengah tulang belakang lumbar dan berlanjut hingga TK tersebut.
  3. Spinalis: otot dangkal ini dimulai sebagai tendon tebal dari sakrum dan perjalanan sampai ke leher.
Kadang kita merasakan nyeri pada bagian otot punggung sebelah bawah. Nyeri punggung bawah adalah penyakit umum. Hal ini dapat terjadi karena alasan mulai dari postur tidak layak untuk fraktur kompresi. Masalah punggung bawah dapat menempatkan tekanan pada saraf tulang belakang lumbar dan menciptakan rasa sakit yang lebih kuat.




Ada beberapa model latihan otot punggung antara lain:

Latihan model 1. 

Persiapan: Badan telungkup, kedua lengan lurus disamping badan
Pelaksanaan: Angkatlah dada dari lantai, lakukan berulang-ulang minimal 8 - 16 kali.

Latihan  Model 2

Persiapan : Badan Telungkup
Pelaksanaan : Kedua lengan menarik tambang atau meraih bola didepannya hingga dada terangkat dari lantai.

Latihan Model 3

Persiapan : Badan telungkup
Pelaksanaan : Kedua lengan menangkap bola yang dilambungkan dari depan hingga dada terangkat dari lantai saat menangkap bola , Kedua kaki lurus dan kedua lengan lurus keatas memegang bola.